----iklan---- Ditengah Inefisiensi Pengelolaan, PDAM Tirta Bulian Punya Direktur Baru - JEJAK KHALIK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ditengah Inefisiensi Pengelolaan, PDAM Tirta Bulian Punya Direktur Baru

         
PERUSAHAAN daerah air minum (PDAM) Tirta Bulian kota Tebingtinggi, Selasa (28/7), memiliki direktur baru, yang dilantik Wali Kota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, dalam suatu upacara sederhana di aula Hj. Sawiyah Nasution. Namanya Ewin Putra, SE, MSi, yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di PDAM Tirtanadi, Medan. Sosok direktur baru ini, menjadi kampiun dalam seleksi ketat yang dilakukan tim seleksi Pemko Tebingtinggi. Ewin Putra, SE, MSi, mengalahkan empat rivalnya.
          PDAM Tirta Bulian, merupakan satu-satunya BUMD miliki Pemko Tebingtinggi yang posisinya saat ini relatif dipandang baik, oleh banyak kalangan. Dengan posisi pengelolaan demikian, wajar jika  kemudian, Pemko Tebingtinggi bersama DPRD rela menggelontorkan dana yang tak sedikit terhadap perusahaan pengelolaan air bersih itu. Belum lagi bantuan teknis dan manajerial dari sejumlah kalangan dalam maupun luar negeri. Di bawah mantan direktur PDAM Tirta Bulian Ir. H. Oki Doni Siregar, BUMD ini berada dalam posisi leading, meski belakangan sejumlah problem manajerial terasa menyergap badan usaha itu.
          Wali Kota Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, dalam amanahnya memberikan ‘pekerjaan rumah’ kepada direktur baru PDAM itu. Di antaranya, agar PDAM menambah kapasitas produksi air, pemeliharaan pipa sentral instalasi yang tua. Juga melakukan pelatihan-pelatihan terhadap karyawan. Pesan-pesan ini, sekilas terlihat bukan sebagai beban, padahal jika menukik pada persoalan mendasar, di sinilah terjadinya faktor inefisiensi pengelolaan yang dialami PDAM Tirta Bulian selama ini.
          Dalam perbincangan menjelang pelantikan, sumber di PDAM Tirta Bulian, menyebutkan sejujurnya ada sejumlah problema manajerial yang harus dipecahkan direktur baru nantinya. Saat ini, PDAM Tirta Bulian mengalami over kapasitas pelanggan, jika dibandingkan dengan tingkat distribusi air bersih. Total pelanggan air PDAM mencapai 11.500 rumah tangga, padahal kapasitas air yang diproduksi hanya 140 m3 per detik. Untuk jumlah produksi ini, idealnya hanya bisa melayani 9.500 rumah tangga. Meski belakangan tengah dibangun instalasi tambahan dengan produksi air bersih 50  m3 per detik.
           Akibat over kapasitas pelanggan ini, jelas saja banyak rumah yang tak terlayani maksimal. Belum lagi, persoalan instalasi pipa yang sudah tua, sehingga air yang sampai ke pelanggan, beresiko kotor. Sumber mengakui, belakangan banyak pelanggan yang komplain atas pelayanan PDAM Tirta Bulian. Jika kemudian, ada tuntutan untuk menambah pelanggan ditengah keterbatasan produksi, jelas hal ini program tak logis.
          Demikian pula dengan jumlah karyawan di PDAM Tirta Bulian, juga dalam kondisi inefisien. Pasalnya, saat ini PDAM Tirta Bulian memiliki 100 karyawan. Padahal, jika diukur berdasarkan rasio pelanggan dan karyawan, maka BUMD Pemko Tebingtinggi itu, tak feasible, di mana 6 karyawan, idealnya melayani 1.000 pelanggan. Dengan demikian, rasio ideal  karyawan PDAM Tirta Bulian, sekira 67 orang saja. Selebihnya, merupakan karyawan yang justru menjadi beban bagi manajemen PDAM Tirta Bulian. Beban karyawan itu sendiri mencapai 35 persen dari rasio ideal perusahaan air minum.
          Pun demikian, banyak kalangan yang masih terus berusaha untuk menambah jumlah karyawan BUMD itu, meski bebannya sangat berat. Persoalannya, apakah berani direktur baru ini melakukan efisiensi dan menormalkan kapasitas produksi air bersih, guna mencapai perusahaan yang ideal?
Ewin Putra, SE, MSi, saat diminta komentarnya terhadap pesan Wali Kota Tebingtinggi itu, mengatakan paham akan amanah yang harus diembannya. “Saya paham pesan Pak Wali, selepas kegiatan ini, kita akan segera konsolidasi untuk merealisasikan amanah itu,” ujar pria yang lahir di Medan, menyelesaikan S1 di Fak Ekonomi UMSU dan S2 di USU. Semoga saja. Abdul Khalik.  

Post a Comment for "Ditengah Inefisiensi Pengelolaan, PDAM Tirta Bulian Punya Direktur Baru"